photo logoblog_zps9ad52f05.jpg

Sabtu, 28 Desember 2013

Seedpot somalense

Sebelumnya pernah dibahas mengenai penyerbukan adenium. Nah untuk selanjutnya setelah penyerbukan, bagaimana menjaga dan merawat seedpot sehingga dapat menghasilkan seed yang bagus dan sehat.

Sebelumnya ciri dari seedpod dan seed yang sehat adalah:
1. Bentuk seedpot (polong) sempurna, tidak bengkok
2. Seed padat, bentuk sempurna, tidak berkerut
3. Seed yang sehat jika ditekan terasa padat.

Untuk mendapatkan seed yang sehat dibutuhkan perawatan tersendiri pada adenium. Pada masa ini tanaman adenium lebih banyak membutuhkan nutrisi terutama unsur P dan K. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini adenium sebaiknya dipupuk dengan pupuk yang memiliki unsur P dan K yang tinggi.

Pemupukan menggunakan dosis separuh dari takaran dan frekwensinya diperbanyak, ingat 3 S, hihihi,...

Selain itu perlu juga diperhatikan pola penyiraman, usahakan adenium tidak sampai kekeringan pada media, dan pada saat penyiraman sebaiknya tidak mengenai seedpot. Ini untuk menjaga agar seedpot tidak pecah sebelum waktunya.

Pada adenium yang sedang memiliki seedpot sebaiknya juga dihindari dari siraman hujan. Karena siraman hujan dapat membuat seedpot menjadi busuk atau pecah sebelum waktunya. Setelah kurang lebih 60 hari seedpot akan matang dengan ditandai warna yang berubah jadi coklat dan retak pada sisi seedpot. Pada masa ini seedpot sebaiknya diikat dengan tali, ini untuk menghindari seed berterbangan saat seedpot pecah.
Setelah seedpot mulai agak layu, sebaiknya segera dipetik dan seed segera ditanam. Tujuannya agar tingkat tumbuh dari seed tinggi karena seed yang masih segar.

Selamat mencoba,.....
Dikirim melalui BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan disempurnakan rangkuman ini